SEJARAH PROTOKOL MEDORAS SPANATURO


Protokol Medoras (ProMeds) dan SPANATURO didirikan oleh keluarga Sabaruddin untuk membawahi berbagai macam terapi pemulihan kesehatan dari berbagai penyakit dengan menggunakan tradisi pengobatan Sumbawa (Medo Bura) yang telah diperkaya dengan ilmu pengetahuan moderen dari berbagai disiplin ilmu. ProMeds sudah ada secara online sejak tahun 2005 dengan nama Rass Organik (www.sehatnaturopati.com). Keberadaan ProMeds tidak terlepas dari sejarah panjang kebiasaan dan praktek-praktek pengobatan asli suku-suku nusantara yang sekarang mendiami kepulauan yang membentuk Bangsa Indonesia terutama sekali tentang kebiasaan dan praktek-praktek pengobatan suku Samawa yang mendiami Pulau Sumbawa bagian barat dan bagian tengah.

Kata Medoras dan Spanaturo merupakan dua kata kunci untuk memudahkan kita mengingat Tradisi Pengobatan Naturopati Integral Indonesia suku Samawa (Medo Bura Sumbawa - Medoras). Sedangkan Spanaturo memiliki makna luas dan bersifat universal yang dapat dimengerti dengan mudah oleh masyarakat dari berbagai latar belakang bahasa dunia. Spanaturo berarti  Sehat Natural Alami, dan merupakan sistem pemulihan kesehatan naturopati dengan menggunakan pendekatan-pendekatan analitik organik. 

Tradisi Pengobatan yang dijalankan oleh suku-suku di Indonesia telah menjadi salah satu dasar pembentukan Fakultas Kedokteran Naturopati dan  Fakultas Kedokteran Oriental di beberapa Negara terutama di Eropa, Amerika, Korea Selatan,  dan Australia, tetapi fakultas-fakultas kedokteran seperti ini belum ada di Indonesia padahal Indonesia merupakan gudang Apotek Hidup Dunia, dan sekarang telah menjadi bagian dari pengobatan integral (Integrative Medicine). Oleh karena itu untuk melengkapi pelayanan kesehatan, kami memunculkan kembali tradisi pengobatan naturopati Indonesia dengan nama Protokol Medoras (ProMeds) melalui penciptaan branding kemandirian bangsa dalam bidang pengobatan dengan tidak mengesampingkan pengobatan medik (allopati) maupun pengobatan alternative yang sudah ada dan sudah dijalankan dengan baik selama ini sehingga masyarakat dapat menjadikan  ProMeds Spanaturo sebagai salah satu referensi pemulihan penyakit, pencegahan penyakit,  dan pencegahan kekambuhan penyakit.